Tiger Modif nampaknya sudah benar-benar ­­menjadi primadona di kalangan pecinta modifikasi motor. Betapa tidak, dengan kualitas mesin yang mantap, serta didukung dengan rangka yang kuat dan laki banget, Honda Tiger mampu memincut ribuan, bahkan jutaan pecinta modifikasi motor.

Ya, dari sekian banyak spisies motor yang dapat dan sering dimodif, Tiger 2000 adalah salah satu yang paling menonjol, setelah Scorpio, CB 100 dan GL.

Tiger Modif pun memiliki beraneka ragam bentuk dan rupa. Dari mulai Drag Style, Jap Style, Brad Style hingga Trail, semuanya memiliki pesona dan keindahan tersendiri di mata masing-masing peminatnya.

Uniknya, beberapa pemilik kendaraan modif, khususnya Tiger, tidak hanya melakukan modifikasi untuk kepentingan hobi. Pelaku modif motor kadang menjual hasil karyanya ke sesama pecinta modif. Tentu, dengan harga yang jauh lebih tinggi, mengingat proses modif memerlukan biaya bangun dan bahan.

Berbicara mengenai jual beli motor modif, ada beberapa hal khusus yang harus kita bahas, nih. Hal itu berkenaan dengan bagaimana, sih, memilih motor modif bekas yang aman dan nyaman. Dan tentu, dengan spek yang telah kita harapkan.

Nah, tips dan trikmemilih motor Tiger Modif selengkapnya bisa kalian simak di ulasan berikut ini, nih.

Perhatikan Kerapihan Motor. Tiger Modif, atau Motor Modif Apapun yang Kalian Pilih NantiHaruslah Rapih dan Berpenampilan Baik

Hal pertama yang dilihat dari modifikasi—khususnya modifikasi body—adalah kerapihannya. Sederhananya, untuk apa melakukan modifikasi bila akhirnya motor kita tidak rapih dan berantakan, kan?

Oleh karena itu, bila kalian berkeinginan membeli motor modif bekas, hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah kerapihan body motor.

Nah, untuk mengetahui seberapa rapih body motor yang ingin kalian beli, kalian tidak usah ragu untuk melihat-lihat. Kalau perlu putari motor tersebut. Perhatikan tiap detail bagian motor. Jika ada bagian yang kurang rapih, tanyakan pada pemilik, kenapa demikian dan bisa dengan treatment apa bisa dirapihkan.

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Agar Wangi Sepanjang Hari

Cat, pemasangan body, aksesoris, blok mesin, kemudi, dan jok, adalah bagian wajib yang harus kalian perhatikan. Terkhusus untuk jok dan kemudian, harus menjadi hal utama dan pertama yang diperhatikan. Alasannya sederhana, untuk apa kalian memiliki Tiger Modif bila ujungnya tidak memberi kenyamanan, iya, kan?

Intinya, hal paling dasar—bahkan bisa dilakukan oleh orang awam—dalam melihat kualitas modifikasi motor adalah dengan kerapihannya. Kalau motor tidak rapih, untuk apa dibeli, ya, kan?

Selain Kerapihan, Hal Lain yang Wajib Diperhatikan Adalah Material Body yang Digunakan Tiger Modif

Ok, ini penting. Karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan saat kalian sedang berkendara.

Memperhatikan kualitas material body dapat dilakukan dengan cara awam. Bisa dengan hanya dilihat, diraba, atau jika kalian tidak sungkan, kalian bisa bertanya pada pemilik seputar material body yang digunakan.

Dalam proses memilih kualitas material body Tiger Modif, atau juga motor lain, hal pertama yang perlu dilihat adalah nilai kepantasan antara material, tema modifikasi dan bentuk motor.

Sederhananya, kalian bisa menilai dengan awam apakah material body yang digunakan sesuai dengan tema modifikasi atau tidak. Atau, hal lain yang dipertimbangkan adalah; apakah material body Tiger Modif yang digunakan sesuai dengan bentuk motor atau tidak.

Nah, selain nilai kepantasan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan dan kualitas bahan.

Dalam memilih motor modifikasi bekas, pastikan body motor adalah body layaknya motor lain, yang kuat, serta tidak mudah patah. Atau, jika body itu custome, bertanyalah pada sang pemilik; material apa yang digunakan untuk body, kuat atau tidak, dan hal apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat body tersebut.

Hal Wajib yang Harus Dilakukan Saat Membeli Tiger Modif Bekas adalah Melakukan Tes Drive

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Agar Wangi Sepanjang Hari

Uji kemudi adalah cara terbaik untuk melihat sejauh apa performa motor yang akan kita beli. Dengan pengujian ini pula, kita dapat melihat secara kentara seputar kendala apa saja yang mungkin kita hadapi saat mengendarai sepeda motor tersebut.

Dalam proses pengujian, jangan ragu untuk melakukan akselarasi, menyalakan lampu jauh-dekat, sein, klak sound, pemindahan gigi perseneling hingga starter dan sela.

Hal itu penting. Dengan mencoba segala fitur motor, kita akan dengan mudah mengetahui kualitas motor tersebut. Mengingat baik buruknya motor dapat dilihat dengan mudah melalui proses uji jalan dan penggunaan seluruh fitur motor.

Nah, itulah beberapa tips dan trik memilih motor Tiger Modif bekas. Dengan menerapkan tips dan trik tersebut kita diharapkan terhindar dari penipuan kualitas motor.

Ulasan lengkap mengenai Tiger 2000 dapat kalian simak pada link berikut