Mobil bukan hanya berfungsi sebagai sarana transportasi pribadidan keluarga saja namun juga sebagai barang mewah yang bisa menaikkan rasapercaya diri. Dengan mengendarai mobil keluaran terbaru Anda akan memiliki rasapercaya diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan transportasiumum atau kendaraan roda dua. Meski begitu tak semua orang bisa memiliki mobilkarena harga jualnya yang tak murah. Bagi mereka yang hanya ingin memiliki mobiluntuk keperluan transportasi ataupun menambah penghasilan, tak ada salahnyamembeli mobil second yang masih bisa digunakan dengan baik yang lebihterjangkau. Berikut ini adalah cara membeli mobil bekas dan syarat balik nama mobil yang bisa Anda gunakan sebagai acuan saat akan membeli mobilsecond.

Memilih membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru akan memberikan Anda beberapa kelebihan diantaranya adalah harga beli yang lebih terjangkau untuk mobil dengan kualitas yang tetap baik. Dengan begitu ada dana yang tetap bisa Anda gunakan untuk kepentingan lainnya. Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan biaya-biaya lain yang perlu Anda keluarkan saat membeli mobil bekas, salah satunya adalah biaya balik nama mobil yang harus dilakukan agar nama yang tertera di STNK dan BPKB menjadi nama Anda sebagai pemiliknya.

Proses balik nama diperlukan agar setiap kali Anda membayarkan pajak tahunan, tak perlu meminjam KTP dari pemilik pertama dimana nama pemilik pertama tersebut masih ada di STNK dan BPKB. Bayangkan jika rumah si pemilik sebelumnya berjauhan dengan Anda bahkan ada yang berada di luar provinsi, maka akan sangat menyusahkan saat melakukan pembayaran pajak yang dilakukan setahun sekali. Untuk itu, saat membeli mobil second pertimbangkan juga besaran biaya balik nama yang perlu Anda keluarkan.

Berikut ini adalah simulasi dan kisaran biaya balik nama mobil yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin membeli mobil bekas untuk menentukan biaya total yang harus Anda keluarkan.

  1. Persyaratan balik nama mobil:
  • KTP pemilik baru asli dan fotokopi.
  • Kuitansi jual beli bermaterai 6000.
  • STNK mobil asli dan fotokopi.
  • BPKB mobil asli dan fotokopi.
  1. Simulasi kebutuhan biaya balik nama:
  • Pajak tahunan mobil.
  • Biaya balik nama sebesar 2/3 dari pajak tahunan.
  • Biaya SWDKLJJ sebesar Rp. 150 ribu.
  • Biaya administrasi STNK sebesar Rp. 75.000.
  • Biaya administrasi TNKB sebesar Rp. 50.000.
  • Biaya diluar pajak yaitu biaya fotokopi berkas, biaya jasa pengecekan bukti fisik mobil, biaya pendaftaran stnk, biaya pendaftaran bpkb.
Baca Juga :  Info Pajak Kendaraan Bermotor: Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Biaya-biaya tersebut di atas harus Anda perhitungkan sebelum memilih mobil seri apa yang akan dibeli. Semakin baru mobil tersebut maka akan semakin besar pajak tahunannya yang mengakibatkan semakin besar juga biaya balik nama. Jumlahkan harga jual mobil dengan kisaran biaya balik nama untuk memperkirakan harga beli mobil yang sebenarnya. Agar perkiraan tak jauh meleset, sebaiknya tidak membeli mobil yang pajak tahunannya mengalami keterlambatan atau tidak dibayarkan selama beberapa tahun.

Itulah syarat dan simulasi biaya balik nama untuk jenis kendaraanroda empat atau mobil. Pilihlahmobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget dana yang Anda milikisetelah memperhitungkan semua biaya yang harus dikeluarkan. Jangan lupa jugauntuk melengkapi persyaratan wajib seperti SIM agar Anda bisa mengendarainyasecara legal di jalan raya.