Zaman yang semakin canggih membuat mobil tampil bukan lagi menjadi barang mewah, melainkan kebutuhan. Terlebih lagi di wilayah perkotaan. Dalam menjalani segala aktivitasnya, manusia kini sangat memerlukan bantuan transportasi roda empat ini. Maka gak heran, kalau setiap harinya, produksi mobil di wilayah-wilayah perkotaan semakin melejit.

Dalam hal jenis mobil, sebagian orang banyak memilih mobil jenis matik yang otomatis dikarenakan mudah untuk dioperasikan. Tapi, tak jarang juga orang yang  memilih mobil manual karena beberapa faktor. Entah karena merasa tertantang, kebutuhan, atau karena senangnya berkendara.

Berbicara tentang mobil manual, ia memilikikarakteristiknya tersendiri dalam memberikan kenyamanan kepada pengendaranya.Banyak keunggulan yang dimiliki oleh mobil manual dibandingkan dengan mobilyang otomatis. Karena itu, banyak kemudian orang yang ingin belajar mobil manual dengan berbagai cara. Salah satunya, didapat denganmelakukan kursus mengemudi.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi anda yang ingin belajar mengemudi, khususnya mobil manual. Seperti yang telah dirangkum di bawah ini:

  1. Pedal

Pedal sangat penting. Oleh karena itu, ia menjadi sarat mutlak dan hal paling utama seseorang ketahui ketika akan belajar atau kursus mengemudi. Disini letak yang paling mencolok antara mobil bertransmisi manual dan otomatis, yakni jumlah pedal yang ada. Apabila pada mobil otomatis, ia hanya memiliki dua pedal. Dan pada mobil bertransmisi manual itu ada tiga pedal. Berbeda satu dengan yang otomatis.

Informasi bagi anda, pedal gas memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil. Ia merupakan komponen utama dalam mengemudikan mobil, ini tidak ada bedanya antara mobil manual maupun otomatis. Ia berfungsi untuk mengatur bukaan gas yang akan berpengaruh terhadap kecepatan dan juga putaran mesin pada sebuah mobil. Semakin dalam pedalnya ditekan atau diinjak, maka semakin kencang juga mobil melaju.

Baca Juga :  Cara Memilih Knalpot Racing Yang Awet dan Aman DariTilangan

Akan tetapi, ingat ya, bagi anda yang baru pertama kali akan kursus mengemudi, perhatikan saat anda akan menginjak pedal tersebut. karena jika anda terlalu kencang menekannya, maka hal itu akan membahayakan anda dan orang sekitar. Jadi, perlahan-lahan saja terlebih dahulu.

Nah, pedal yang kedua. Ia berada di tengah-tengah atau disebut juga sebagai rem. Tentu saja ia juga tak kalah pentingnya, dalam memberhentikan dan mengatur lambatnya mobil melaju. Dan sama halnya dengan gas tadi, re mini juga usahakan untuk tidak menekannya dengan terlalu kencang saat menggunakannya. Usahakan untuk sebisa mungkin mengendara dengan santai sehingga perjalanan pun menjadi nyaman.

Pedal yang terakhir, adalah pedal yang mana di mobil otomatis gak ada. Intinya, ia menjadi letak pembeda antara mobil manual dan mobil jenis otomatis. Namanya pedal kopling. Pedal ini memiliki fungsi sebagai penerus aliran tenaga dari mesin ke sistem penggerak. Pedal yang ini cukup penting dan bisa dibilang vital peranannya. Karena berhubungan dengan mesin penggerak, berarti jika tidak ada pedal ini dalam mobil manual, maka mobil pun tidak bisa bergerak.

  • Tuas Transmisi

Pembeda lainnya antara mobil otomatis dan manual, terletak pada tuas transmisi pada mobil tersebut. mobil matic, memiliki indikator P sampai D yang ada di tuas transmisi. Beda dengan mobil manual, tuas transmisi memiliki indikator 1 sampai R. jika kamu baru pertama kali kursus mengemudi, maka gear yang sebaiknya kamu gunakan adalah gear 1 ya, yang paling rendah.

  • Fitur

Yang terakhir, hal yang membedakan antara mobil jenis matic dan manual yakni fitur mobil. Fitur pada masa kini menjadi hal yang paling penting ya. Oleh karena itu, seseorang akan melihat fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh mobil yang akan ia gunakan nantinya.

Baca Juga :  Tips Merawat Motor Gede yang Perlu Anda Tahu