Knalpot merupakan salah satu komponen mesin motor yang harus kita perhatikan demi kelangsungan hidup dari kendaraan bermotor itu sendiri. Bukan suatu hal yang sulit untuk mengetahui apa itu knalpot meskipun bukan anak teknik mesin. Ya, knalpot adalah saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan bermotor. Meskipun terlihat spele, namun knalpot memiliki peran vital bagi kendaraan bermotor.

Seiring dengan maraknyatren memodifikasi motor, knalpot merupakan bagian yang tak luput dari sasaranmodifikasi. Banyak dari mereka yang memilih menggunakan knalpot racing denganalasan lebih “kekinian” dan sporty. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkansebelum mengganti dengan knalpot standarke knalpot standar racing. Selain menimbulkan suara yang nyaring, memasangknalpot racing rawan terkena razia polisi. Selagi mempertimbangkan, berikutkami bagikan tips memilih knalpot racing yang dijamin akan membuat berkendaramusemakin lebih nyaman dan terhindar dari razia, diantaranya:

  1. Berbahan Titanium dan Stainless Steel

Knalpot motor yang terbuat dari bahan titanium dan stainless memiliki kelebihan yaitu bahan tidak mudah rusak dan bobotnya sangat ringan. Dengan bahan titanium, knalpot akan tahan terhadap suhu panas dari mesin motor dan tidak mudah meluai. Begitu pun knalpot berbahan stainless steel yang memiliki keawetan dan tahan lama serta tidak mudah karatan.

  • Cari knalpot yang suaranya ngebass

Mempunyai knalpot yang suaranya gahar tentu salah satu alasan kamu memilih knalpot racing. Namun, perlu diperhatikan gahar bukan berarti berisik. Untuk suara knalpot carilah yang suaranya ngebass, bulat dan tidak pecah saat di geber atau di gas. Selain tidak menimbulkan suara yang berisik saat di gas, memilih knalpot motor yang suaranya ngebass akan menyelematkanmu dari razia motor. Sebab kebisingan yang ditimbulkan akibat knalpot motor menjadi alasan polisi merazia motor kamu.

  • Hindari Produk KW
Baca Juga :  Cara Modif Motor W175 Menjadi Lebih Menawan

Dalam masalah tampilan antara knalpot KWdan original memang terlihat sangat mirip, seperti tidak ada perbedaan samasekali. Misalnya knalpot ahm kw, sekilas sama dengan yang asli. Daripada memilih knalpot KWlebih baik memilih merk knalpot yang harganya murah. Knalpot KW biasanya hanyamengandalkan kemiripan dari tampilan semata tanpa memperdulikan performa,akibatnya bukannya mesih menjadi bertenaga malah bisa ngedrup tenaga motornya.Sedangkan knalpot yang harganya murah justru memiliki kualitas yang cukup bagusdari segi suara, finishing, dan performanya. Walaupun tidak sebagus produkoriginal.

  • Pilih Knalpot dari brand ternama

Dengan menggunakan produk dari brandternama seperti Tridente, Rg, WRX, Creampie, NOB1 dan lainnya, sudah tidakperlu diragukan lagi kualitasnya. Meskipun harganya lumayan mahal, tapitentunya harga akan berbanding lurus dengan kualitas, performa motor dan kenyamananberkendara. Brand ternama pastinya sudah menggunakan standar knalpot yangsesuai dengan peraturan yang mengatur tentang kenyamanan berkendara. Sepertipemasangan DB killer pada knalpot racing yang mengurangi tingkat kebisingan hinggasesuai dengan standar kebisingan. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara LingkunganHidup No. 7 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor bahwasetiap kendaraan bermotor bertipe L (roda dua) yang ber CC kurang dari 175 CCstandar kebisingan 80 desibel. Sedangkan bago motor yang ber CC lebih dari 175CC standar kebisingannya 83 desibel. Dengan begitu, knalpot standar yang memiliki feature DB Killer sesuai denganketentuan tersebut, maka tidak akan terkena tilang oleh polisi.