Setiap kendaraan bermotor memiliki besaran pajak yang harusdibayarkan setiap tahunnya. Umumnya, besaran pajak tersebut disesuaikan denganharga beli motor dan tahun pembuatannya sehingga semakin mahal dan baru motoryang Anda beli maka akan semakin besar pajaknya. Karena dibayarkan setiaptahunnya, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan sebelum memilih jenis motoryang akan dibeli. Setelah membeli motor, untuk biaya besaran pajaknya, Anda jugabisa cek pajak kendaraan bermotor secara online di rumahkemudian mempersiapkan dana yang dibutuhkan.

Meski belum semua samsat memiliki layanan pajak online, namun sebagian besar samsat terutama di pulau Jawa sudah memilikinya. Anda bisa melihat besaran tagihan yang dikeluarkan di tahun ini melalui gadget dari rumah atau kantor. Masing-masing kantor samsat memiliki alamat website yang berbeda-beda dimana Anda bisa mencarinya di mesin pencari sesuai dengan samsat domisili kendaraan bermotor yang akan Anda bayarkan. Cara menggunakan layanan pajak online umumnya adalah dengan memasukkan nama kota an nomer polisi kendaraan yang akan Anda bayarkan pajaknya. Setelah itu samsat online akan memberitahukan besaran pajak tahun tersebut dan tanggal jatuh tempo agar Anda bisa mempersiapkan dana sebelum tanggal masanya.

Setelah mendapatkan info pajak kendaraan bermotor, Anda harus mempersiapkan dana yang dibutuhkan dan membayarkannya sebelum jatuh tempo. Jika mengalami keterlambatan maka akan ada denda yang harus dibayarkan bersamaan dengan pembayaran pajak. Besaran denda jika Anda terlambat satu hari saja akan sama dengan besaran denda jika Anda terlambat membayar selama 1 tahun penuh. Karenanya usahakan untuk tidak terlambat membayar pajak kendaraan demi kebaikan Anda sendiri. Selain itu, sekarang muncul peraturan baru dimana jika pajak kendaraan bermotor terlambat selama 2 tahun penuh, maka bisa berakibat hangusnya BPKB dan kendaraan akan menjadi kendaraan bodong yang tak layak digunakan.

Baca Juga :  Aksesoris Motor W175 Terlengkap di Bukalapak

Setelah memiliki dana yang dibutuhkan, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk pembayarannya. Berikut ini adalah pilihan cara yang bisa Anda gunakan dan pilih sesuai dengan kenyamanan:

  1. Menuju kantor samsat.

Dimanapun Anda berada bisa membayar pajak tahunan di semua kantor samsat. Caranya adalah dengan membawa STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi dan uang sebagai pembayarannya. Isi formulir yang disediakan kemudian serahkan pada petugas hingga nama Anda dipanggil untuk melakukan pembayaran. Setelah itu Anda harus menunggu lembar pajak baru dicetak yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan lembar pajak lama di STNK.

  • Di samsat keliling.

Kini sudah banyak samsat keliling yang bisa Anda manfaatkan untuk melihat info pajak kendaraan bermotor dan membayar pajak dengan jarak yang lebih dekat. Umumnya menggunakan mini bus untuk beroperasi. Sistem yang dipakai mirip dengan di kantor samsat termasuk syarat yang dibutuhkan.

  • Melalui transfer bank.

Penerimaan negara bisa juga dibayarkan melalui transfer atm. Jika Anda sudah melakukan transfer, bawa bukti transfer ke samsat untuk mencetak surat pajak di STNK.

Untuk info lengkap mengenai cara pembayaran pajak via online Andabisa membacanya. Denganmembayar pajak kendaraan tepat waktu, Anda akan terbebas dari dendaadministrasi keterlambatan. Selain itu saat menggunakan motor yang telahdibayarkan pajaknya, Anda akan lebih aman dan nyaman menggunakannya di jalanraya. Keterlambatan pembayaran pajak juga bisa mempengaruhi kredibilitas Andakarena bisa membuat BPKB kendaraan hangus sehingga sulit jika ingin membayarkankembali pajak karena harus mengurus dari awal.