Helm merupakan benda yang wajib dikenakan ketika berkendara menggunakan sepeda motor. Tentunya, bagi yang sehari-hari beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor sebagai transportasi utama, helm menjadi sangatlah penting. Terkadang pemilik sepeda motor hanya fokus merawat sepeda motornya dan kurang merawat dengan helm. Bahkan terkadang belum tentu sebulan sekali helm yang digunakan dicuci. Untuk itu, di tulisan ini, kami akan bagikan tips mencuci helm agar helm kamu tidak bau apek.

Cara mencuci helm

Merawat helm bisa dikatakan susah-susah gampang, apalagi jika benda ini digunakan setiap hari. Terlebih lagi, helm ini bisa kepanasan dan kehujanan yang tentunya akan membuat bau tidak sedap dan akan membuat tidak nyaman bukan? Salah satu cara untuk menghilangkan bau apek dan tidak sedap ini adalah dengan rutin mencucinya, tidak ada cara yang lainnya.

Cara Mencuci Helm Agar Wangi Sepanjang Hari

Kita bisa saja menggunakan jasa cuci helm yang terkadang kita temui di parkiran-parkiran mall. Namun, ciaya yang dikeluarkan pun cukup mahal sekitar Rp25 ribu. Meskipun demikian, pengerjaannya cukup cepat karena memang metode yang digunakan adalah Quick Clean.

Namun, metode quick clean ternyata memiliki beberapa kelemahan, yaitu dapat merusak komponen busa yang ada pada helm. Untuk itu, pencucian helm yang paling efektif dan dapat mengurangi risiko tersebut adalah dengan mencuci sendiri.

Peralatan yang digunakan untuk mencuci helm sendiri juga sangat mudah ditemui. Alat dan penunjang mencuci helm yang perlu disediakan, antara lain bak plastik, air, shampo atau sabun yang tidak mengandung pelembut, sikat halus (bisa menggunakan sikat gigi), cairan wax, lap mikro fiber (kanebo) untuk mengelap batok helm.

Cara mencuci helm

Tahapan yang perlu dilakukan untuk mencuci helm adalah sebagai berikut.

  • Sebelum memulai mencuci helm, pastikan terlebih dahulu seluruh busa yang ada di helm dilepas. Busa ini meliputi busa di bagian atas dan pipi. Rachet, visor, dan ventilasi juga perlu dilepas. Di sini, tidak dianjurkan mencuci helm sekaligus tanpa melepas komponen-komponen helm. Perlu kesabaran ekstra karena harus melepaskan dan membersihkan setiap bagian helm untuk mendapatkan hasil pencucian helm yang terbaik.
  • Isi bak plastik dengan air yang dicampur dengan sampo. Cairan ini akan digunakan untuk membersihkan bagian busa. Kita cukup merendam bagian busa tersebut selama 15–20 menit agar kotoran yang menempel bisa terangkat.
  • Selagi busa direndam dalam air, kita bisa membersihkan bagian visor atau kaca depan helm dengan menggunakan air hangat. Setelah bersih, kita bisa langsung mengelapnya dengan menggunakan lap mikro fiber. Kita bisa juga langsung membersihkan bagian yang lain seperti rachet.
  • Busa yang tadi direndam selama 20 menit kemudian bisa disikat dengan menggunakan sikat gigi agar lebih bersih. Sikatlah busa secara perlahan agar tidak merusak bagian utama helm tersebut. Setelah itu bilas sampai bersih hingga tidak meninggalkan busa bekas sampo dan keringkan dengan bantuan sinar matahari untuk hasil terbaik.
  • Sementara itu, untuk batok helm, kita bisa mengelapnya dengan air dan agar mempunyai tampilan semakin kinclong, kita bisa menggunakan cairan wax.
  • Setelah busa sudah kering, langkah terakhir tentunya memasangkannya kembali agar menjadi satu kesatuan helm yang siap digunakan kembali tanpa bau apek.
  • Cara mencuci helm
Baca Juga :  Tips Dan Trik yang Harus Diperhatikan Pembeli Tiger Modif Bekas

Nah itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam pencucian helm sendiri. Dibandingkan dengan menggunakan jasa cuci, kualitas mencuci sendiri tentunya lebih bisa terkontrol sehingga setiap komponen helm, terutama busa, tetap baik. Namun, semua kembali lagi ke kamu sempat atau tidak untuk mencuci helm sendiri. Sebab, untuk mencuci helm sendiri dibutuhkan ketelatenan karena proses yang lumayan panjang.